10 Tips Membuat Rumah Ramah Lingkungan - interiorpedia

10 Tips Membuat Rumah Ramah Lingkungan

  • Post author:
  • Post category:Blog / Serba-serbi
  • Reading time:8 mins read

10 Tips Membuat Rumah Ramah Lingkungan

Rumah Ramah Lingkungan | Perubahan sudah banyak terjadi di dunia ini karena semakin hari masyarakat terus beradaptasi dengan fenomena serta kemajuan teknologi yang terjadi di sekeliling kita.

Beberapa dari perubahan ini tentulah memiliki dampak positif, dan beberapa mungkin memerlukan waktu sedikit lebih banyak untuk diadaptasi. Walaupun demikian, saat ini merupakan masa perubahan menjadi lebih baik dan lebih proaktif dengan pilihan kita.

Salah satu cara Anda mungkin ingin mengubah gaya hidup Anda adalah dengan menjalani gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Terlalu banyak hal yang kita lakukan sepanjang waktu yang merusak lingkungan. Oleh karena itu, kita harus mulai memperbaiki cara lama kita dan memulai yang baru.

Berikut ini 10 tips membuat rumah ramah lingkungan :

  1. Gunakan furnitur berbahan kayu

Menggunakan lebih banyak furnitur kayu adalah salah satu cara yang paling dianggap sepele untuk memiliki rumah yang lebih hijau. Furnitur kayu cukup kokoh sehingga akan bertahan lama. Anda tidak perlu menggantinya sesering mungkin, selama Anda memeliharanya atau tidak melakukan kerusakan yang disengaja. Selain itu, mereka juga lebih aman.

Yang perlu diperhatikan sebelum membeli furnitur kayu adalah memastikan bahwa produsen furnitur menggunakan sistem berkelanjutan mulai dari sumber bahan yang mereka gunakan hingga pembuatan dan pengiriman furnitur mereka.

  1. Hematlah Energi

Salah satu manfaat paling signifikan dalam menciptakan rumah ramah lingkungan adalah dapat membantu mengurangi tagihan listrik Anda. Caranya adalah mengurangi konsumsi energi di rumah dengan menggunakan lampu LED.

Lampu LED jauh lebih hemat energi. Mereka dapat bertahan lebih lama dari bola lampu yang lebih tua dan menggunakan lebih sedikit energi. Pada saat yang sama, mereka dapat mencerahkan ruang lebih dari lampu biasa Anda. Jika Anda belum mengganti perlengkapan lampu Anda, lakukan perubahan ke lampu LED untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

rumah ramah lingkungan
Source : Klaus Hausmann
  1. Mulailah Gunakan Kompos Mandiri

Sayang sekali jika Anda membuang semua sisa makanan Anda ke tempat sampah padahal beberapa di antaranya dapat memiliki banyak kegunaan lain. Jika Anda penggemar berat berkebun di rumah, Anda mungkin mendapat manfaat dari memulai tumpukan kompos. Tumpukan kompos dapat membantu meningkatkan kualitas tanah Anda. Ini juga membantu menahan air di tanah, sehingga terhidrasi lebih lama.

Selain itu membuat tanaman lebih sehat dan mengurangi kemungkinan hama menyerang tanaman. Plus, Anda tidak perlu bergantung pada pupuk kimia untuk meningkatkan kondisi tanaman Anda. Dengan mengompos sisa makanan dan sampah lainnya, Anda dapat memiliki taman yang lebih hijau di rumah.

  1. Gunakan Berulang dan Daur Ulang

Ada alasan mengapa orang terus menyuruh kita untuk mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang. Karena itu mengingatkan kita bagaimana kita bisa mengelola sampah yang kita hasilkan.

Daripada membuang barang, cari cara lain untuk menggunakannya. Paling tidak, jika Anda akan membuangnya, daur ulanglah agar bisa memiliki fungsi lainnya.

  1. Tambahkan Tanaman Hias

Menambahkan tanaman hias di rumah Anda tidak wajib. Namun, adalah lebih baik untuk melakukannya jika Anda ingin beralih ke rumah bebas racun. Tanaman dalam ruangan membantu meningkatkan kualitas udara di rumah Anda. Belum lagi itu adalah tambahan yang berkelanjutan untuk dekorasi rumah Anda. Oleh karena itu, tambahkan beberapa tanaman hias ke dalam rumah Anda yang bisa Anda rawat dengan baik.

10 Tips Membuat Rumah Ramah Lingkungan - Tambahkan Tanaman Hias - interiorpedia
Source : Charloisporto
  1. Gunakan Bahan Wol Organik

Bahan wol, seperti untuk tempat tidur dan kasur, menawarkan perlindungan lebih untuk Anda dan keluarga. Mereka dapat melindungi Anda dari debu dan tungau tempat tidur.

Selain itu, kemungkinan kecil memicu asma atau alergi Anda. Secara keseluruhan, menggunakan barang-barang wol organik di rumah Anda akan menguntungkan Anda.

  1. Gunakan Solar Panel / Panel Surya

Jika Anda memiliki anggaran untuk itu, panel surya adalah investasi luar biasa yang akan terbayar seiring berjalannya waktu. Ini membantu menyediakan rumah Anda dengan energi bersih tanpa membayar tagihan bulanan yang relatif tinggi. Meskipun harganya cukup mahal, penggunaan panel bertenaga surga adalah langkah besar menuju kemandirian.

10 Tips Membuat Rumah Ramah Lingkungan - Gunakan Solar Panel - interiorpedia
Source : Photo MIX
  1. Gunakan Produk Pembersih Alami

Menjadi lebih ramah lingkungan tidak harus menjadi perubahan langsung untuk menjalani kehidupan yang substansial. Terlebih lagi, jika hal tersebut terlalu banyak untuk Anda tangani. Ada banyak pendekatan dapat dilakukan agar Anda dapat hidup secara berkelanjutan tanpa membuatnya terlalu rumit bagi Anda. Pertama, Anda dapat menggunakan produk pembersih alami.

Jika Anda tidak menyadarinya, ada banyak bahan kimia berbahaya di dalam produk pembersih yang Anda buang ke lingkungan. Alih-alih menggunakan produk pembersih biasa, Anda dapat membeli produk ramah lingkungan dan tersedia secara komersial. Anda dapat dengan mudah membeli larutan pembersih yang lebih ramah lingkungan di tempat yang sama dengan tempat Anda membeli produk pembersih alami.

  1. Pilih Cat Ramah Lingkungan

Cat mengandung banyak bahan beracun, itulah mengapa orang menyarankan Anda mengecat dengan jendela terbuka. Jika tidak, Anda mungkin akan pingsan. Oleh karena itu, saat memilih cat untuk rumah Anda, pertimbangkan untuk menggunakan cat yang ramah lingkungan. Ini tidak akan berbahaya bagi Anda maupun lingkungan saat menguap di udara.

  1. Hematlah Air

Menghemat air juga merupakan cara lain Anda bisa lebih ramah lingkungan di rumah. Anda dapat mulai dengan memeriksa seluruh rumah Anda untuk mencari kebocoran yang mungkin mempengaruhi tagihan air Anda.

Anda juga harus lebih sadar dalam menghemat air bahkan dalam hal-hal kecil. Misalnya, jangan biarkan keran menyala saat Anda tidak menggunakannya, seperti saat Anda menyikat gigi. Semua hal kecil ini akan membantu Anda menghemat air, membantu lingkungan, dan mengurangi tagihan air Anda secara keseluruhan saat Anda melakukannya.

Hematlah Air - Interiorpedia
Source : Jonas KIM

Demikianlah 10 tips membuat rumah ramah lingkungan yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Untuk Anda yang sudah mulai beralih ke rumah ramah lingkungan, mana saja dari 10 tips di atas yang telah Anda lakukan ?

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Untuk melihat tips dan informasi lainnya, silahkan klik di sini