4 Cara Membuat Desain Interior Japandi untuk Rumah Kantor Anda - interiorpedia

4 Cara Membuat Desain Interior Japandi untuk Rumah Kantor Anda

  • Post author:
  • Post category:Blog / Interior
  • Reading time:7 mins read

4 Cara Membuat Desain Interior Japandi untuk Rumah Kantor Anda

Desain Interior Japandi | Jika Anda seperti jutaan orang Indonesia lainnya yang sudah nyaman melakukan pekerjaan dari rumah, Anda mungkin memiliki ide untuk mendesain ulang ruangan kantor Anda di rumah.

Apa itu Desain Interior Japandi?

Desain interior Japandi merupakan perpaduan gaya desain Jepang dan Skandinavia. Apa yang membuat kombinasi ini bekerja dengan baik adalah bahwa ada banyak elemen bersama di antara keduanya, termasuk penekanan pada:

  • Hangat, bernuansa netral
  • Aksen minimalis
  • Bahan alami dan ramah lingkungan
  • Dekorasi yang rapi Ruang terbuka
  • Garis bersih

Meskipun kedua gaya desain memiliki komponen yang sama, masing-masing juga menghadirkan elemen unik ke meja — ditunjukkan dalam “hygge” Skandinavia dan “wabi-sabi” Jepang.

Hygge” – Prinsip desain Skandinavia yang menekankan kenyamanan, kepuasan, dan kesejahteraan secara umum. Sebuah ruangan dengan hygge harus hangat dan menarik yang membuat Anda dan tamu Anda merasa nyaman.

Wabi-Sabi” – Filosofi Jepang bahwa ada keindahan dalam ketidaksempurnaan. Filosofi desain ini sudah ada sejak abad ke-15. Ini menonjolkan hubungan yang mendalam dengan bumi dan menghargai penggunaan bahan dasar dan keaslian di atas kemewahan.

Memadukan dua filosofi dalam desain Japandi menghasilkan sentuhan minimalis yang lebih hangat. Gaya Japandi menawarkan ketenangan dan kesederhanaan minimalis tetapi mewujudkan “kenyamanan” yang cenderung tidak dimiliki oleh gaya minimalis tradisional.

4 Cara Membuat Desain Interior Japandi untuk Rumah Anda

Desain Interior Japandi - interiorpedia
  1. Gabungkan Palet yang Tepat

Desain interior Japandi harus memberikan nuansa kehangatan namun tetap netral. Warna tanah seperti batu pasir, kelabu tua, dan adobe adalah pilihan yang sangat baik untuk warna dinding. Memilih nada yang lebih terang membantu memantulkan cahaya alami dan membuka lebih banyak ruang terbatas.

Meskipun warna netral yang lebih terang biasanya menjadi dasar, jangan takut untuk menggunakan nuansa biru, hijau, dan bahkan merah muda yang diredam untuk menciptakan keunikan dan kehangatan. Hindari warna yang terlalu terang atau mencolok di palet Anda. Tujuannya adalah untuk menciptakan ruang yang tenang dan menginspirasi, bukan yang mengganggu indra penglihatan Anda.

  1. Fokus pada Bahan Alami

Hubungan yang mendalam dengan alam adalah inti dari desain interior Japandi. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan material yang dapat mewujudkan hubungan tersebut. Kayu adalah suatu keharusan dalam desain Japandi dan ideal untuk meja kantor, meja, dan kursi. Saat melengkapi ruang Anda, pilih potongan dengan garis yang bersih dan bentuk alami yang organik.

Untuk dekorasi, carilah barang-barang yang terbuat dari bahan alami seperti rotan, bambu, kapas, dan rami. Lantai kayu memberikan kehangatan dan kesederhanaan bernuansa pedesaan. Jika Anda cukup beruntung memiliki lantai kayu di ruang kantor rumah Anda, jaga agar tetap terlihat rapi dan bersih.

Untuk pewarna kayu, jangan takut untuk mengontraskan cahaya dengan kegelapan untuk menciptakan kedalaman dan kenyamanan, terutama saat Anda mengecat ulang lantai atau furnitur kayu yang sudah Anda miliki. Berikut adalah beberapa nada untuk dicoba di ruang kantor rumah Japandi Anda:

  1. Menggabungkan Ketidaksempurnaan

Prinsip inti desain Japandi adalah menggabungkan ketidaksempurnaan (wabi-sabi). Ini memberi Anda banyak ruang untuk bereksperimen dan bermain dengan kontras dan asimetri.

Tanaman dalam ruangan adalah cara yang baik untuk membuang sedikit kekacauan yang terkendali ke dalam ruang yang tertata rapi. Munculnya tanaman hijau juga memecah netral dan menambahkan kebumian yang alami dan menenangkan ke dalam ruangan.

Jika Anda tidak ingin membeli furnitur baru dengan harga murah, pilih furnitur kayu dari toko barang bekas. Furnitur kayu toko barang bekas yang telah direfinishing (dengan semua torehan, takik, dan keunikannya yang menggemaskan) dapat menambah karakter dan kenyamanan pada rumah Anda.

Sambil menggabungkan kekhasan dan ketidaksempurnaan, ingatlah untuk berhati-hati dengan dekorasi dan furnitur Anda. Salah satu tujuan utama desain Japandi adalah meminimalkan kekacauan dan menekankan fungsionalitas.

  1. Mengutamakan Kualitas & Keahlian

Desain minimalis Japandi yang disengaja berarti bahwa setiap perabot memiliki tujuannya. Setiap bagian harus berkualitas tinggi, sangat fungsional, dan dibuat tahan lama. Saat memilih furnitur dan dekorasi Anda, carilah barang-barang buatan tangan yang berkualitas. Bahan yang bersumber secara berkelanjutan, digunakan kembali, atau ramah lingkungan sangat ideal.

Pastikan untuk menunjukkan semua furnitur dan bahan material rasa hormat yang pantas mereka dapatkan dengan cara merawatnya. Selalu bersihkan potongan kayu Anda dengan pembersih khusus dan ramah lingkungan agar tetap dalam kondisi prima.

Saat memilih perabot kantor Japandi yang tepat, tujuan utamanya adalah setiap bagian harus dapat berdiri sendiri sebagai karya seni.

  1. Hembuskan Kehidupan Baru Ke Ruang Anda

Gaya desain interior kantor Japandi bertumpu pada prinsip minimalis, kenyamanan, keberlanjutan, dan hubungan yang mendalam dengan alam. Jika Anda mendapati diri Anda bekerja dari rumah hari demi hari, mudah untuk merasa tidak bersemangat atau menginginkan lingkungan kantor yang lebih menarik.

Menonjolkan kantor rumah Anda dengan gaya desain interior Japandi menciptakan perasaan hangat dan nyaman, membuat Anda merasa lebih produktif dan berenergi sepanjang hari.

Demikianlah 4 Cara Membuat Desain Interior Japandi untuk Rumah Kantor Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Untuk melihat informasi-informasi lainnya, silahkan klik di sini