Jenis-jenis Kitchen Sink - interiorpedia

Jenis-jenis Kitchen Sink

  • Post author:
  • Post category:Blog / Kitchen
  • Reading time:6 mins read

Jenis-jenis Kitchen Sink

Jenis-jenis kitchen sink | “Dapur mungkin adalah jantungnya rumah, tetapi sink adalah jantungnya dapur”. Ada banyak keputusan berbeda yang perlu dibuat saat merombak dapur, tetapi tidak ada yang sepenting jenis sink yang Anda pilih.

Bagaimana memilih sink yang tepat adalah pertanyaan sebenarnya. Ada banyak pilihan, mulai dari gaya pemasangan hingga bahan, warna, jumlah mangkuk, dan ukuran. Untuk membantu Anda mempersempitnya, berikut adalah jenis-jenis kitchen sink yang sering digunakan secara umum.

Jenis-jenis Kitchen Sink

  1. Top Mount Sink

Top mount sink adalah jenis sink yang paling umum (juga dikenal sebagai sink drop-in atau sink self-rimming). Top mount sink dipasang dari atas: Sebuah lubang dipotong ke meja sesuai dengan template yang disediakan oleh pabrikan sink, dan setelah meja dipasang, sink diletakan dari atas. Tepi sink, di antara sink dan meja, harus ditutup dengan silikon untuk mencegah rembesan air.

Jika Anda melakukan banyak pekerjaan renovasi sendiri, top mount sink adalah pilihan yang bagus karena tidak diperlukan keahlian khusus untuk memasangnya, selama lubang di meja dipotong dengan benar.

Pada bagian tepi sink perlu mendapat perhatian khusus karena Anda perlu membersihkan sisa-sisa kotoran dengan benar agar tidak ada yang tertinggal.

jenis-jenis kitchen - top mount sink - interiorpedia
Source : Ikea
  1. Undermount Sink

Jika Anda menginginkan dapur modern, undermount sink adalah pilihan yang tepat. Undermount sink terpasang ke sisi bawah meja, didukung oleh kabinet dasar. Ini membuatnya semakin penting bahwa Anda memilih jasa pemasangan meja dapur berkualitas tinggi untuk memotong tepi yang benar-benar bersih dan indah.

Undermount sink tidak hanya memberikan tampilan yang ramping dan modern, tetapi juga membuat pembersihan tumpahan dan kotoran menjadi sangat mudah, karena Anda dapat menggesek semuanya dengan bersih ke dalam wastafel.

Salah satu kekurangan dari undermount sink adalah pemasangannya yang rumit sehingga harus dikerjakan oleh seorang profesional.

jenis-jenis kitchen - under mount sink - interiorpedia
Source : European Cabinet
  1. Flushmount Sink

Flushmount sink juga dikenal sebagai tiled-edge sink, berada di posisi rata dengan meja, ditopang oleh kabinet dasar. Sink itu sendiri biasanya memiliki beberapa milimeter ekstra di sekitar bowl / mangkuknya.

Nat diperlukan di antara sink dan meja, tetapi menawarkan permukaan yang umumnya halus dengan meja sehingga tumpahan dapat dibersihkan langsung ke dalam sink.

Jenis-jenis kitchen sink - Flushmount sink by Blanco - interiorpedia
Source : Blanco

Baca juga : 9 Tipe Kitchen Set yang umum dipakai

  1. Integrated Sink

Integrated sink atau sink terintegrasi adalah sink yang terbuat dari bahan yang sama dengan meja yang merupakan satu kesatuan dan diproses oleh pabrikan sink tersebut.

Karena sistemnya yang terintegrasi secara langsung dengan kabinet, integrated sink ini terbilang cukup mahal dan biasanya lebih umum untuk keperluan di kamar mandi dibandingkan di dapur.

Kelebihan dari integrated sink adalah sama sekali tidak ada garis nat—tidak ada nat sama sekali! Dan itu membuatnya tidak hanya nyaman untuk dibersihkan, tetapi juga berarti Anda memiliki lebih sedikit kemungkinan munculnya kuman dan jamur.

Namun, jika Anda menginginkan integrated sink berbahan stainless steel, maka Anda juga harus menggunakan kitchen set berbahan yang sama, yaitu stainless steel.

Jenis-jenis kitchen sink - Integrated sink by Cosentino - interiorpedia
Source : Cosentino
  1. Farmhouse Sink

Farmhouse sink dikenali dari bagian depan atau apronnya. Sink ini berukuran besar dan biasanya berbahan keramik, meskipun dapat juga ditemukan dalam baja tahan karat atau tembaga.

Farmhouse sink dipasang di atas meja dapur, biasanya diselipkan di bawah tepi meja sehingga Anda dapat membuang sisa-sisa kotoran dapur langsung ke dalam sink. Akan ada garis nat kecil yang perlu dibersihkan dari waktu ke waktu.

Sementara farmhouse sink paling sering ditemukan di dapur bergaya rumah pertanian tradisional, gaya ini mengalami perkembangan dan sekarang farmhouse sink terkadang bisa ditemukan di dapur bergaya modern.

Farmhouse sink by Blanco - interiorpedia
Source : Blanco

Pada dasarnya Anda bisa melakukan pemasangan sink secara mandiri asalkan Anda memiliki keahlian dalam pemasangan maupun peralatan-peralatan yang dibutuhkan.

Jika Anda ingin semuanya terlihat rapi dan sesuai dengan keinginan Anda tanpa perlu repot-repot dalam pengerjaannya, Anda perlu menggunakan jasa pembuatan dan pemasangan kitchen profesional.

Demikianlah jenis-jenis kitchen sink yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.