Perbedaan Living Room dan Family Room - interiorpedia

Apa Perbedaan Living Room dan Family Room ?

  • Post author:
  • Post category:Blog / Living Room
  • Reading time:7 mins read

Apa Perbedaan Living Room dan Family Room ?

Perbedaan Living Room dan Family Room | Kenyamanan, koneksi, dan banyak hiburan. Ada alasan mengapa kita merasa paling betah di ruang tamu. Atau, apakah itu disebut ruang keluarga? Ini sedikit membingungkan, kan? Selama bertahun-tahun, istilah “living room” dan “family room” telah digunakan secara bergantian.

Berkat munculnya apartemen kota dan rumah mungil, banyak orang tidak lagi tinggal di ruang yang luas, lengkap dengan kamar terpisah untuk setiap judul ruangannya. Jadi, family room dan living room seringkali berada dalam empat dinding yang sama. Tapi, setelah menyebut living room sebagai family room, dan sebaliknya, kami bertanya-tanya apakah keduanya benar-benar berbeda.

Menurut Karina Lameraner, senior creative stylist di Modsy, jawabannya adalah ya.

“Pasti ada perbedaan yang signifikan antara living room dan family room,” ujarnya. “Dalam pengertian desain interior tradisional, living room seringkali lebih formal secara alami, sementara family room lebih santai.”

Untuk membantu meningkatkan pengetahuan desain interior Anda, Lameraner merinci perbedaan utama di sini.

Perbedaan Living Room dan Family Room

Jadi, mengapa living room dan family room berbeda? Menurut Lameraner, semuanya bermuara pada tujuan penggunaannya.

Living room telah berfungsi sebagai tempat untuk hiburan formal, atau acara-acara khusus,” jelasnya. “Family room adalah ruang yang dirancang untuk aktivitas sehari-hari; ramah keluarga, mudah diakses, dan nyaman.”

Anda juga dapat membedakan antara living room dan family room berdasarkan seberapa sering mereka digunakan. Lebih sering daripada tidak, family room digunakan untuk liburan. Family room, di sisi lain? Di situlah Anda menikmati acara televisi favorit Anda.

Cara lain untuk membedakannya? Di mana mereka berada.

“Living room biasanya dirancang ke arah depan rumah, sering kali langsung dari pintu masuk berfungsi sebagai tempat untuk menampilkan ‘yang terbaik dari yang terbaik’ dari rumah,” kata Lameraner. Atau, family room dianggap sebagai “ruang pribadi”, dan sering kali terletak di bagian belakang rumah.

Cara Menghias Living Room

Karena living room dikenal dengan formalitasnya, berikan ruang Anda kemewahan. Untuk Lameraner, itu dimulai dengan tata letak.

“Adalah umum untuk melihat dua sofa yang menghadap ke living room, atau bahkan dua kursi yang berhadapan langsung dengan sofa, untuk menciptakan tata letak percakapan,” katanya.

Perbedaan Living Room dan Family Room - living room
Source : Google

Jika Anda ingin membuat living room Anda terasa lebih mewah, pilihlah bahan yang mewah seperti beludru, marmer, kaca, atau satin.

“Living room jelas merupakan ruang di mana kita melihat dekorasi menjadi pusat perhatian,” katanya. “Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mendekorasi living room Anda dengan barang-barang yang tidak selalu digunakan sehari-hari, atau disediakan untuk acara-acara khusus.”

Dari pusaka keluarga hingga barang antik hingga barang porselen nenek yang berharga, lanjutkan dan kemas living room Anda dengan sejarah yang kaya.

Cara Menghias Family Room

Family room, di sisi lain, memiliki fungsionalitas yang lebih santai – dan harus didekorasi dengan mentalitas santai itu.

“Seringkali, tata letak ruang memberikan wawasan tentang fungsi dan tujuannya,” kata Lameraner. “Tata letak family room akan sering terpusat di sekitar TV, dengan ruang yang cukup untuk aktivitas.”

Alih-alih lapisan mewah, isi family room Anda dengan bahan hangat seperti kayu dan baja, serta kain kinerja yang mudah dibersihkan. (Karena Anda menghabiskan lebih banyak waktu di sini, kemungkinan besar Anda akan menemukan tumpahan dan noda.) Dalam hal dekorasi, penting untuk menemukan media yang menyenangkan antara bentuk dan fungsi.

Perbedaan Living Room dan Family Room - living room - interiorpedia
Source : Google

“Family room cenderung menjadi area dengan lalu lintas tinggi, artinya setiap hari ruangan ini cenderung cukup sering digunakan,” kata Lameraner. “Ini juga berarti bahwa potongan yang Anda pilih untuk family room harus nyaman dan praktis.”

Misalnya, sofa modular, meja kopi penyimpanan, dan bantal lantai dapat disesuaikan dengan perubahan kebutuhan keluarga Anda.

“Buku dekoratif, seni yang mudah didekati, dan benda-benda dengan tepi yang lebih lembut sering ditata dalam dekorasi family room,” tambahnya. “Cukup umum untuk dekorasi lebih terkendali atau melunak di ruang ini.”

Namun, hanya karena living room dan family room Anda secara teknis memiliki tujuan yang berbeda, tidak berarti keduanya harus terlihat berbeda. Faktanya, tampilan yang terputus-putus itu adalah satu kesalahan yang Lameraner lihat dilakukan kliennya berkali-kali.

“Meskipun rumah Anda tidak perlu disatukan dengan sempurna dalam satu gaya tunggal, harus ada elemen berulang di seluruh ruang untuk menciptakan rasa kesatuan,” tambahnya.

Alih-alih memperlakukan ruangan sebagai dua entitas yang terpisah, penting untuk menciptakan beberapa kohesi. Misalnya, jika Anda memiliki skema warna yang kuat atau pola yang menentukan di living room Anda, pertimbangkan untuk mengulanginya dengan cara yang halus dan saling melengkapi di living room Anda.

Masa Depan Living Space

Meskipun living room dan family room secara historis memiliki perbedaan, Lameraner mengatakan ruang formal perlahan memudar hingga terlupakan dalam desain.

“Kami melihat orang-orang mengadopsi ideologi ‘penggunaan secara penuh’ ketika datang ke ruangan yang berbeda di rumah mereka,” jelasnya. “Sekarang menjadi lebih jarang karena kebanyakan orang memiliki seluruh ruangan di rumah mereka yang ditujukan hanya untuk acara-acara khusus atau acara hiburan formal yang unik.”

Pada akhirnya, yang penting adalah memanfaatkan sepenuhnya setiap ruangan di rumah Anda – dan menjadikannya milik Anda sepenuhnya. Jadi, jika Anda secara tidak sengaja menyebut living room Anda sebagai family room, atau sebaliknya, jangan khawatir. Yang penting adalah Anda menjalani kehidupan terbaik Anda di bawah atap rumah Anda.